Gambaran Umum

Bidan adalah tenaga medis terdidik yang mempunyai peran yang sangat penting dalam meningkatkan standar kesehatan masyarakat, khususnya Kesehatan Ibu dan Anak (KIA). Peran bidan sebagai penasehat, konsultan sekaligus praktisi dalam penanganan ibu hamil sampai persalinan menjadikannya sebagai salah satu ujung tombak penekanan angka kematian ibu melahirkan dan atau bayi yang baru dilahirkan.

Untuk dapat berperan profesional sebagaimana tersebut di atas, seorang bidan tentu harus mendapatkan bekal pendidikan yang komprehensif, baik dalam hal teori dan utamanya dalam praktek. Untuk itu STIKES Widya Nusantara Palu telah menyusun kurikulum pendidikan PRODI D3 Kebidanan sesuai dengan tuntutan kompetensi yang disyaratkan, yaitu 30% teori dan 70% praktek. Selain di laboratorium, praktek juga dilakukan di rumah sakit dan rumah bersalin di wilayah Palu dan Sulawesi Tengah yang telah menjalin kemitraan dengan STIKES Widya Nusantara Palu. Untuk lebih meningkatkan ketrampilan praktis, kegiatan praktek dilakukan? mulai semester II sampai semester Akhir.? Diluar jadwal praktek reguler, mahasiswa dianjurkan untuk melakukan praktek magang di Rumah Sakit atau Rumah Bersalin dan institusi yang sejenis. Sebagai jaminan kualitas, sebelum diterjunkan ke lapangan, siswa praktek diharuskan lulus ujian skill lab dengan metode OSCA.

Visi program studi

Menjadikan lulusan D III Kebidanan yang profesional dalam mendeteksi Dini kesehatan ibu hamil serta bersaing secara Internasional di tahun 2025.

Misi program studi

  1. Melaksanakan pendidikan dan pengajaran terkait dengan Deteksi Dini Kesehatan Ibu Hamil guna meningkatkan Kesehatan Ibu hamil.
  2. Melaksanakan penelitian terkait dengan Deteksi Dini Kesehatan Ibu hamil dalam ruang lingkup Kesehatan.
  3. Melaksanakan pengabdian masyarakat terkait dengan Deteksi Dini Kesehatan Ibu hamil dalam ruang lingkup Kesehatan.
  4. Melaksanakan kerjasama dalam ruang lingkup kebidanan dengan stakeholder terkait dengan Tri Dharma perguruan tinggi.

Tujuan program studi

  1. Terselenggaranya pendidikan dan pengajaran yang efektif dan efisien terkait dengan Deteksi Dini Kesehatan Ibu hamil guna meningkatkan Kesehatan Ibu hamil.
  2. Terselenggaranya penelitian terkait dengan Deteksi Dini Kesehatan Ibu hamil dalam ruang lingkup Kesehatan
  3. Terselenggaranya pengabdian masyarakat terkait dengan Deteksi Dini Kesehatan Ibu hamil dalam ruang lingkup Kesehatan.
  4. Terselenggaranya kerjasama dalam ruang lingkup kebidanan dengan stakeholders terkait dengan Tri Dharma perguruan tinggi.